Top Banner Space Available

Jamkrindo Sumbang Peternak Sapi

Jamkrindo Sumbang Peternak Sapi

WIKIBerita - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menyalurkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) pembangunan kandang komunal untuk peternakan sapi di Solo, Jawa Tengah, Kamis (6/12).

Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Amin Mas'udi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa bantuan kemasyarakaTAn ini merupakan program bina lingkungan Perum Jamkrindo untuk membantu pemerintah dalam program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada klaster peternakan terpadu.

"Program bantuan ini merupakan wujud kepedulian Perum Jamkrindo kepada masyarakat dan mendukung program pemerintah yaitu BUMN Hadir Untuk Negeri," kata Amin.

Bantuan kandang Komunal yang disalurkan oleh Perum Jamkrindo itu tercatat sebesar Rp 260 juta yang diserahkan kepada dua kelompok tani Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Pengayom Tani Sejagat di Desa Kedungombo, Wonogiri dan ke Pusat Pelatihan Seknas BUMN Indonesia.

Amin menjelaskan, sampai dengan triwulan III 2018, Perum Jamkrindo sudah memiliki 1.748 mitra binaan dengan beragam bidang usaha.

Selain memberikan pinjaman usaha, Perum Jamkrindo juga melakukan pendampingan usaha dan membantu UMKM memperluas pasar dengan cara memfasilitasi mereka mengikutsertakan dalam pameran-pameran, baik skala nasional maupun internasional.

Sebagai satu-satunya badan usaha milik negara (BUMN) di bidang penjaminan, Perum Jamkrindo mendukung pengembangan perekonomian nasional dengan melakukan penjaminan kredit UMKMK.

Perum Jamkrindo memiliki fungsi utama untuk menjembatani UMKMK yang mempunyai usaha layak, tetapi belum memenuhi persyaratan teknis perbankan, khususnya pemenuhan agunan sehingga UMKMK tersebut dapat memperoleh akses keuangan.

Setiap tahun Perum Jamkrindo mencatatkan kenaikan volume penjaminan. Pada triwulan III-2018 total realisasi volume penjaminan tercatat Rp126 triliun. Porsi terbesar diperoleh dari penjaminan Non-KUR sebesar Rp85,18 triliun dan sisanya Rp41,30 triliun merupakan penjaminan KUR.

"Semoga ke depan, kami senantiasa menjadi menjadi pilihan utama pelaku usaha dalam layanan penjaminan," katanya. []

 

Berita Lainnya