Pemprov DKI Berikan Kemudahan Perizinan bagi Masyarakat

Pemprov DKI Berikan Kemudahan Perizinan bagi Masyarakat

WIKIBerita - Membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang harus terus dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara terhadap pelayanan publik yang Prima. Hal tersebut tertuang dalam Undang- undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, guna memenuhi amanat tersebut, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta senantiasa melakukan inovasi layanan yang memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat.

“Memberikan kemudahan dan pendekatan layanan kepada masyarakat merupakan hal yang terus kami lakukan melalui inovasi tiada henti dalam menghadirkan multi channel public service delivery”  kata Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan (24/2/2019).

Adapun inovasi terbaru yang dilakukan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2019 ini, salah satunya dengan memberikan pelayanan perizinan dan non perizinan secara langsung di tengah-tengah masyarakat atau lingkungan Rukun Warga (RW) yang notabenenya berada di wilayah pemukiman, selanjutnya Inovasi layanan tersebut diberi nama “Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota”.

“Keunikan Kampung Kota yang berada di wilayah Jakarta, telah menginspirasi kami untuk melahirkan inovasi layanan Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota dengan menghadirkan peran pemerintah selaku penyelenggara pelayanan publik langsung di depan rumah warga” ujar Edy.

Lebih lanjut Edy memaparkan, Kampung Kota, sudah menjadi ciri khas dari budaya permukiman di Jakarta . Di dalamnya, penghuni dengan berbagai latar belakang status sosial dan ekonomi dapat bertahan hidup di tengah kemajuan Ibukota yang pesat. Salah satu cirinya adalah penduduk masih membawa sifat dan perilaku kehidupan pedesaan yang terjalin dalam ikatan kekeluargaan yang erat. Diharapkan dengan hadirnya DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, sebagai penyelenggara pelayanan publik, di tengah-tengah mereka dapat menularkan semangat “Urus Izin SENDIRI itu MUDAH” ke setiap pribadi yang ada di Kampung Kota tersebut dengan menjalin ikatan yang kuat layaknya sebuah keluarga.

“Idealnya, pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah harus secara serius mendengar keinginan dan ekspektasi masyarakat dan merespons setiap keinginan tersebut dalam rangka menghadirkan pelayanan publik yang Prima (put the customers in the driver’s seat). Perdana, inovasi layanan ini dilaksanakan di Kecamatan Kebon Jeruk. Insha Allah, akan kita lakukan secara berkala dan berkesinambungan di berbagai Kampung Kota lainnya di Jakarta” ujar Edy.

 

Berita Lainnya