PSI: Jokowi Bagi ke Rakyat, Prabowo Malah Ngambil Tanah

PSI: Jokowi Bagi ke Rakyat, Prabowo Malah Ngambil Tanah

WIKIBeritaCapres Prabowo Subianto menguasai lahan seluas 220.000 hektare di Kalimantan Timur dan 120.000 hektare di Aceh Tengah. Luas lahan yang dikuasai Prabowo seluas 340.000 hektare, sedangkan dibandingkan dengan luas Provinsi DKI Jakarta 662,33 kilometer persegi (km2) berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Bidang Ekonomi, Industri dan Bisnis, Rizal Calvary Marimbo mencurigai bila terpilih, Prabowo akan menambah koleksi tanahnya lagi.”Kita curiga nyapres ini kemudian bila terpilih untuk incar tanah lagi ribuan sampe ratusan hektar,” ujar Rizal di Jakarta hari ini.

Rizal mengatakan, luas lahan yang dikelola Prabowo saat ini setara dengan 5 kali luas DKI Jakarta. Artinya, Prabowo saat ini masuk dalam jajaran segelintir warga yang menguasai lahan-lahan di Tanah Air. Dia mengatakan, berbeda dengan Prabowo, yang mengoleksi tanah ratusan ribu hektar, Jokowi justru dikenal sebagai capres yang membagi-bagi tanah.

Dalam dua tahun terakhir, Jokowi telah membagi 2 juta hektar tanah kepada petani, nelayan dan rakyat kecil. Jokowi juga berjanji untuk menyelesaikan targetnya membagikan 12,7 juta hektar. Mengacu pada Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang Pokok Agraria tahun 1960 dan TAP MPR nomor 9 tahun 2001 tentang Pembaruan Agraria dan Pengelolaan Sumber Daya Alam bahwa reforma agraria bertujuan untuk menyelesaikan ketimpangan agraria konflik dan kemiskinan di pedesaan.

Rizal mengatakan, soal tanah, perbedaan Jokowi dan Prabowo semakin terang-benderang. “Pak Jokowi kerjanya bagi-bagi tanah ke rakyat. Sedangkan Bapak Prabowo malah ‘ngambil’ tanah negara. Yang satu ngasih. Satu lagi ‘ngambil’, dikoleksi untuk diri sendiri,” terang Rizal.

Dalam debat Capres tadi malam, Prabowo Subianto mengaku menguasai lahan seluas 220.000 hektare di Kalimantan Timur dan 120.000 hektare di Aceh Tengah. Prabowo menjelaskan lahan tersebut berstatus HGU (hak guna usaha). "Kami minta izin, tadi disinggung soal tanah yang saya kuasai ratusan ribu di beberapa tempat, itu benar," ujar Prabowo dalam sesi closing statement debat kedua capres di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Sebelum pengakuan itu, Jokowi menyebut Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Jokowi mengatakan, Prabowo memiliki lahan seluas 220.000 ha. "Saya tahu pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Sebesar 220.000 hektare," kata Jokowi. Selain itu, Jokowi juga menyebutkan Prabowo memiliki lahan seluas 120.000 hektare di Aceh Tengah. Ia mengatakan bahwa pembagian lahan tersebut tidak dilakukan di era pemerintahannya. []

 

Berita Lainnya